Selasa, 12 Oktober 2021

JENIS JENIS PEMBATAS JALAN

 

Secara umum fungsi road barrier adalah sebagai traffic dan parking atau sarana pengatur lalu lintas pada jalan raya, selain itu berfungsi juga sebagai penghalang atau pembatas pada lahan parkir dan jalan umum. Road Barrier Isi Air jauh lebih efisien dari pada menggunakan kerucut jalan (traffic cone) karena desain yang saling mengunci dan tidak dapat dengan mudah disengaja atau secara sengaja dipindahkan dan membantu untuk meredam benturan ketika adanya kecelakaan terjadi.

Untuk menemukannya, paling mudah adalah di lokasi pinggiran jalan tol, ternyata ada banyak jenis pembatas jalan. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kita tidak bisa menerapkan satu jenis untuk semua kondisi karena konsekuensinya akan berbeda-beda pada pengguna jalan. Saat ini setidaknya terdapat empat jenis pembatas jalan yang digunakan di seluruh dunia.

Inilah lima jenis-jenis pembatas jalan (road barrier) yang bisa dipergunakan yaitu sebagai berikut:

1. Kabel pengaman sebagai pengaman jalan yang terbuat dari kabel juga biasa disebut wire rope safety barrier. Fungsi utamanya untuk melindungi agar kendaraan yang menabraknya tidak keluar dari jalan raya.

2. Guard rail atau biasa di sebut pagar pengaman adalah pelindung agar kendaraan yang melewatinya terlindungi dari terjatuh ke sungai/jurang dll. Sifat dari guard rail ini adalah anti karat sehingga tidak akan terpengaruh sama sekali dengan cuaca ekstrem yang ada di luar ruangan.

3. Road barrier beton merupakan salah satu jenis beton pracetak yang berfungsi sebagai pembatas jalan yang dirancang untuk konstruksi permanen. Sesuai dengan definisi dan namanya, road barrier beton terbuat dari elemen komposit beton

4. Roller pengaman adalah roller menyerap sebagian energi tabrakan sambil membelokkan arah gerak kendaraan. Harapannya, ketika kendaraan dibelokkan, kendaraan akan bergerak ke arah bahu jalan hingga berhenti dengan sendirinya.

5. Road barrier adalah suatu alat lalu lintas yang memiliki warna terang yaitu merah atau oren dan biasanya dijadikan rambu marka jalan. Penggunaaan pembatas jalan plastik sangat umum di Indonesia karena dianggap sangat efisien dalam hal fungsi dan kenyamanan. Meskipun terbuat dari plastik, tentunya road barrier ini tetap sesuai dengan standar keamanan yang telah ditetapkan. 

Untuk info harga produk dan pemesanan dapat menghubungi kontak kami di bawah ini :

JUAL RAMBU & PABRIK CAT MARKA

Info Produk & Pemesanan

Marketing Office :
021 2298 8298

Sofie
telepon/Whatsapp : 0811 9801 962

E-mail :
sales.heksaln@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar